Rekomendasi Serial TV Inggris (a.k.a. Blame It on the BBC)

Bagi yang suka banget nonton serial tv tapi bosen dengan serial tv yang tayang di Indonesia, saya kasih tiga rekomendasi serial tv asal Inggris. Tentunya serial – serial tv yang saya rekomendasikan di sini punya jalan cerita dan cara penyampaian yang beda banget dengan serial – serial tv yang tayang di Indonesia.

Nah, gak usah lama – lama, langsung aja… Continue reading

Being Sherlocked = Being Cumberbatched (?)

1453509_438784822888785_1713553803_n

Sherlock — Sumber: Facebook Sherlock

Akhir – akhir ini teman – teman di sekitar saya banyak yang terserang suatu penyakit. Penyakit itu namanya Sherlocked, bahkan ada beberapa yang terserang penyakit sampingan yang namanya Cumberbatched.

Penyebar virus utama adalah seorang teman saya—dan saya juga hehe. Kami seakan memiliki misi untuk memberitahu sebanyak mungkin orang tentang serial BBC Sherlock. Pasti banyak yang sudah tahu tentang serial ini. Continue reading

Detektif itu Berdeduksi atau Berinduksi?

Tokoh – tokoh detektif seperti Sherlock Holmes atau Conan Edogawa selalu menyebut analisisnya dengan istilah deduksi. Mereka menganalisis kasus dengan memperhatikan sekitar dan petunjuk – petunjuk yang mereka dapatkan. Setelah semua petunjuk terkumpul, mereka memulai analisis mereka dengan menggunakan pemikiran logika yang mereka sebut deduksi. Namun, benarkah mereka berdeduksi? Karena jika kita memperhatikan cara mereka menganalisis, sebenarnya yang mereka lakukan adalah induksi. Deduksi atau induksi? Continue reading